Selasa, 02 April 2013

Agresi


AGRESI

A. Teori-Teori Agresi
Banyak ahli yang mengemukakan teori tentang agresi. Teori agresi, menurut para ahli ada yang berpendapat bahwa agresi adalah sebuah perilaku yang diturunkan (biologis), agresi adalah sebuah perilaku yang di pelajari (lingkungan) ataupun perilaku agresi karena hasil dari sebuah keputusan (kognitif). Teori agresi terbagi dalam beberapa kelompok, yaitu:
Teori Bawaan
Teori Bawaan atau bakat ini terdiri atas teori Psikoanalisa dan teori Biologi.
  1. Teori Naluri, Freud dalam teori Psikoanalisis klasiknya mengemukakan bahwa agresi adalah satu dari dua naluri dasar manusia. Naluri agresi atau tanatos ini merupakan pasangan dari naluri seksual atau eros. Naluri seks berfungsi untuk melanjutkan keturunan sedangkan naluri agresi berfungsi mempertahankan jenis. Kedua naluri tersebut berada dalam alam ketidaksadaran, khususnya pada bagian dari kepribadian yang disebut Id yang pada prinsipnya selalu ingin agar kemauannya dituruti (prinsip kesenangan atau Pleasure Principle) dan terletak pada bagian lain dari kepribadian yang dinamakan Super Ego yang mewakili norma-norma yang ada dalam masyarakat dan Ego yang berhadapan dengan kenyataan.
  2. Teori Biologi, teori biologi ini menjelaskan perilaku agresi, baik dari proses faal maupun teori genetika (illmu keturunan). Proses faal adalah proses tertentu yang terjadi otak dan susunan saraf pusat. Menurut tim American Psychological Association (1993), kenakalan remaja lebih banyak terdapat pada remaja pria, karena jumlah testosteron meningkat sejak usia 25 tahun. Produksi testosteron yang lebih besar ditemukan pada remaja dan dewasa yang nakal, terlibat kejahatan, peminum, dan penyalah guna obat dibanding pada remaja dan dewasa biasa.
Teori Lingkungan
Inti dari teori lingkungan adalah perilaku agresi merupakan reaksi terhadap peristiwa atau stimulus yang terjadi di lingkungan.
  1. Teori Frustrasi-Agresi Klasik, yaitu agresi dipicu oleh frustrasi. Frustrasi artinya adalah hambatan terhadap pencapaian suatu tujuan. Berdasarkan teori tersebut, agresi merupakan pelampiasan dari perasaan frustrasi.
  2. Teori Frustrasi-Agresi Baru, yaitu frustrasi menimbulkan kemarahan dan emosi, kondisi marah tersebut memicu agresi. Marah timbul jika sumber frustrasi dinilai mempunyai alternatif perilaku lain daripada yang menimbulkan frustrasi itu.
  3. Teori Belajar Sosial, yaitu lebih memperhatikan faktor tarikan dari luar. Bandura menekankan kenyataan bahwa perilaku agresi, perbuatan yang berbahaya, perbuatan yang tidak pasti dapat dikatakan sebagai hasil bentuk dari pelajaran perilaku sosial. Bandura menerangkan agresi dapat dipelajari dan terbentuk pada individu- individu hanya dengan meniru atau mencontoh agresi yang dilakukan oleh orang lain atau model yang diamatinya, walaupun hanya sepintas dan tanpa penguatan.
Teori Kognitif
Teori kognitif ini memusatkan proses yang terjadi pada kesadaran dalam membuat penggolongan (kategorisasi), pemberian sifat-sifat (atribusi), penilaian, dan pembuatan keputusan.
B.Konsep Agresi
Agresi mempunyai 3 perbedaan definisi, diantaranya:
1.      Pendekatan behavioristik
Agresi merupakan perilaku yang melukai orang lain.  Suatu tindakan jika didasari atau bertujuan untuk melukai orang lain, maka bukan dikatakan sebagai agresi. Sebab, agresi adalah suatu bentuk tindakan yang dimaksudkan untuk melukai orang lain.
2.      Agresi prososial dan antisosial
Artinya bahwa tidak semua agresi berupa suatu tindakan yang akan berakibat buruk, akan tetapi agresi juga merupakan suatu bentuk tindakan yang baik dan disetujui oleh norma sosial.
3.      Perilaku agresif dan perasaan agresif
Artinya bahwa tidak semua perilaku yang nampak pada diri seseorang merupakan cerminan dari isi hati. Perasaan marah dalam diri seseorang sekalipun tidak terlampiaskan dalam bentuk tindakan termasuk dalam perasaan agresi.
C. Macam-Macam Agresi
Berikut ini adalah beberapa macam-macam agresi, antara lain:
1.      Agresi emosi, merupakan ungkapan kemarahan dan ditandai oleh emosi yang tinggi. Agresi emosi ini bisa mengakibatkan kerugian bagi orang lain. Tujuan dari agresi ini adalah untuk melampiaskan emosi yang bergejolak dalam diri seseorang dan dapat berakibat sangat fatal, apabila emosinya tidak terkendali.
2.      Agresi instrumental, agresi instrumental adalah suatu tindakan agresi yang tidak disertai emosi.
3.      Perilaku melukai dan maksud melukai, hal ini dapat dikatakan jenis agresi karena agresi merupakan suatu tindakan yang melukai dan memang bermaksud untuk melukai.
4.      Perilaku agresif antisosial dan prososial, suatu perilaku agresif yang sesuai dengan norma sosial dan suatu perilaku yang tidak semudah dengan membalikkan telapak tangan.
5.      Perilaku dan perasaan agresif, suatu perilaku agresif dapat dilihat dari perilaku yang nampak dan juga pada perilaku yang tersembunyi.
D. Mengurangi Perilaku Agresif
Sears menyatakan bahwa perilaku agresif dapat dikurangi melalui beberapa hal sebagai berikut:
1.      Hukuman dan pembalasan, suatu hukuman atau pembalasan atas perbuatan agresif yang telah dilakukan orang lain itu dapat mengurangi perilaku agresif pada seseorang. Dengan adanya hukuman dan pembalasan, maka secara tidak langsung orang akan merasa takut untuk melakukan perilaku agresif.
2.      Mengurangi frustasi, frustasi merupakan suatu perilaku dimana seseorang sudah merasa tidak mampu untuk melakukan suatu tindakan yang sesuai dengan kemampuan mereka. Frustasi yang dialami oleh seseorang dapat menimbulkan perilaku agresi. Orang yang frustasi maka akan mudah sekali marah, sehingga ia akan mudah sekali melakukan agresi terhadap orang lain di sekitar mereka dan bisa melukai orang lain di sekitarnya. Maka, kejadian frustasi yang dialami oleh seseorang perlu dikurangi agar perilaku agresi juga dapat berkurang intensitasnya.
3.      Hambatan yang dipelajari, belajar mengendalikan perilaku agresif pada diri sendiri, bukan karena takut untuk dihukum atau karena ancaman. Seseorang harus mampu memilah perilaku agresi yang akan dikeluarkan atau yang akan ditekan kemunculannya, sesuai dengan situasi dan kondisinya.
4.      Pengalihan, pemindahan agresi pada sasaran pengganti. Maksudnya, perilkau agresi perlu dialihkan kepada suatu hal, misalnya benda mati, agar nantinya perilaku agresi tidak akan melukai  fisik orang lain.
5.      Katarsis, jika seseorang merasa marah dan ingin melampiaskannya maka tindakan yang dilakukan selanjutnya akan mengurangi intensitas
perasaannya.

E. Bentuk Agresi
Bentuk Agresi
Contoh
Fisik, aktif, langsung
Menikam, memukul, atau menembak orang lain
Fisik, aktif, tak langsung
Membuat perangkap untuk orang lain, menyewa seorang pembunuh untuk membunuh.
Fisik, pasif, langsung
Secara fisik mencegah orang lain memperoleh tujuan atau tindakan yang diinginkan (seperti aksi duduk dalam demonstrasi)
Fisik, pasif, tak langsung
Menolak melakukan tugas-tugas yang seharusnya
Verbal, aktif, langsung
Menghina orang lain
Verbal, aktif, tak langsung
Menyebarkan gossip atau rumor jahat tentang orang lain
Verbal, pasif, langsung
Menolak berbicara kepada orang lain, menolak menjawab pertanyaan, dll
Verbal, pasif, tak langsung
Tidak mau membuat komentar verbal (misal:menolak berbicara ke orang yang menyerang dirinya bila dia dikritik secara tidak fair)

F. Penyebab Perilaku Agresi
1.      Frustrasi
Frustrasi adalah terhalangnya seseorang oleh sesuatu hal dalam mencapai suatu tujuan, kebutuhan, keinginan, pengharapan atau tindakan tertentu. Teori hipotesis frustrasi-agresi dipelopori oleh lima orang ahli yaitu Dollard, Doob, Miller, Mowrer, dan Sears pada tahun 1939. Pada mulanya mereka menyatakan bahwa dalam setiap frustrasi selalu menimbulkan perilaku agresi.Pada tahun 1941, Miller menyatakan bahwa frustrasi menimbulkan sejumlah respon yang berbeda dan tidak selalu menimbulkan perilaku agresi, perilaku agresi hanya salah satu bentuk respon yang muncul.Watson, Kulik dan Brown (dalam Soedardjo dan Helmi) menyatakan bahwa frustrasi yang muncul akibat faktor luar menimbulkan perilaku agresi yang lebih besar dibandingkan dengan halangan yang disebabkan diri sendiri. Hasil penelitian Burnstein dan Worchel menyatakan bahwa frustasi yang menetap akan mendorong perilaku agresi. Dalam hal ini, orang siap melakukan perilaku agresi karena orang menahan ekspresi agresi. Frustasi yang disebabkan situasi yang tidak menentu (uncertaint) akan memicu perilaku agresi lebih besar dibandingkan dengan frustasi karena situasi yang menentu.
2.      Faktor Biologis
Beberapa faktor biologis yang bisa mempengaruhi perilaku agresi adalah gen, aktivitas otak, hormon, dan abnormalitas. Penelitian menunjukkan bahwa gen berpengaruh pada pembentukan sistem neural otak yang mengatur perilaku agresi. Menurut perspektif biologis, perilaku agresi disebabkan oleh meningkatnya hormon testosteron, 17-estradiol dan estrone. Peningkatan hormon testosteron saja ternyata tidak mampu memunculkan perilaku agresi secara langsung. Hormon testosteron dalam hal ini bertindak sebagai anteseden, sehingga perlu ada pemicu dari luar. Hasil penelitian mengenai peningkatan hormon testosteron terhadap meningkatnya perilaku agresi ini tidak konsisten. Pada anak laki-laki memang meningkat perilaku agresinya, hal ini tidak ditemukan pada anak perempuan.
3.      Kesenjangan Generasi
Adanya perbedaan atau jurang pemisah (gap) antara generasi anak dengan orang tuanya dapat terlihat dalam bentuk kegagalan hubungan komunikasi. Hal ini diyakini sebagai salah satu penyebab timbulnya perilaku agresi pada anak.
4.      Lingkungan
Beberapa faktor lingkungan seperti kemiskinan, anonimitas dan suhu udara yang terlalu panas juga berperan dalam pembentukan perilaku agresi. Bila seorang anak dibesarkan dalam lingkungan kemiskinan, maka perilaku agresi mereka secara alami mengalami penguatan.
5.      Proses Pendisiplinan yang Keliru
Pendidikan disiplin yang otoriter dengan penerapan yang keras terutama yang dilakukan dengan memberikan hukuman fisik, dapat menimbulkan berbagai pengaruh buruk bagi remaja. Pendidikan disiplin seperti itu akan membuat remaja menjadi seorang penakut, tidak ramah dengan orang lain, dan membenci orang yang memberi hukuman, kehilangan spontanitas serta inisiatif dan pada akhirnya melampiaskan kemarahannya dalam bentuk agresi kepada orang lain.
6.      Insting
Menurut Sigmund Freud, setiap orang mempunyai insting bawaan untuk berperilaku agresi. Agresi merupakan derivasi insting mati (thanatos) yang harus disalurkan untuk menyeimbangkannya dengan insting hidup (eros). Eros dan thanatos ini harus diseimbangkan untuk menstabilkan mental.
7.      Penilaian Kognitif
Teori ini menjelaskan bahwa reaksi individu terhadap stimulus agresi sangat bergantung pada cara stimulus itu diinterpretasi oleh individu. Sebagai contoh, frustrasi dapat menyebabkan timbulnya perilaku agresi jika frustrasi itu diinterpretasi oleh individu sebagai gangguan terhadap aktivitas yang ingin dicapainya.
8.      Kompetisi Sosial
Menurut perspektif sosiobiologi, perilaku agresi berkembang karena adanya kompetisi sosial yaitu kompetisi terhadap sumber daya. Dalam hal ini satu macam sumber daya yang dipandang terbatas, diperebutkan oleh dua belah pihak. Perilaku agresi menurut perspektif ini merupakan sesuatu yang fundamental karena merupakan strategi adaptasi dalam kehidupannya. Dalam pandangan ini manusia diharapkan bertindak agresif ketika sumber daya yang penting itu terbatas, ketika mengalami ketidaknyamanan, ketika sistem sosial tidak berjalan dengan baik, dan ketika ada ancaman dari pihak luar. Hal ini dilakukan dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup manusia.




DAFTAR PUSTAKA

Sugiyo. 2006. Psikologi Sosial. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
http://www.psychologymania.com/2012/06/teori-teori-agresi.html (diunduh pada tanggal 24 November 2012 pukul 14.30 WIB)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar